Ternyata Seperti ini Awal Mula Ditemukannya BH / BRA

BH adalah salah satu busana wajib yang digunakan oleh perempuan. Tapi seiring berjalannya waktu bukan hanya perempuan yang pake, namun juga laki laki (baca:banci). Oke sob, nggak usah dijelasin lagi kan gimana bentuk BH dan semacamnya, karena kalian semua pasti udah pada tau apalagi yang perempuan. Pernah nggak sih sobat kepikiran, darimana asalnya BH ? Siapa yang menciptakan BH ? Ternyata begini sob asal usulnya

Sebelum ditemukannya BH

Dulu nih sob, sebelum ditemukan BH, cewek-cewek terutama di dunia barat banyak yang pakai korset. Korset ini gunanya untuk menutup dan menyangga payudara (agar tidak kendur). Selain itu korset ini juga membuat bentuk badan pemakainya ideal dan sekshi. Setidaknya sekshi pada jaman itu.

Zaman dulu nih, korset dianggap sebagai lambang status sosial. Yang pake korset cuma cewe dari kalangan pebisnis dan orang orang kaya. Sedangkan yang nggak pake dianggap sebagai cewek kelas bawah, buruh atau pelacur, karena nggak mampu menutupi auratnya itu. Intinya koreset ini kayak lambang kesopanan sob.

Tapi semakin majunya zaman, pemakaian korset mulai ditinggalkan. Banyak ahli kesehatan yang bilang kalo keseringan pake korset itu ada efek sampingnya. Misal sesak nafas, gangguan fungsi usus, dan pingsan. Wajar sih, soalnya korset itu kenceng dan bikin sesak nafas. Korset mulai ditinggalkan karena membuat penggunanya tidak bisa bergerak bebas.


Awal Mula ditemukannya BH

BH jadi terkenal berkat seorang cewek bernama Mary Phelps Jacob. Jadi gini nih ceritanya, Mary  yang waktu itu baru berumur 19 taun mau pergi ke pesta. Nah, dia merasa korset yang dia pakai, bikin gaunnya keliatan jadi gak OK lagi.

Akhirnya dia dan pembantunya bikin penutup payudara dari dua saputangan yang dijahit, ditambah renda untuk pengikat. Ketika datang ke pesta, teman-temannya si Mary takjub, karena dia bisa dansa seluwes itu, padahal kalo pake korset bakal susah bergerak. Nah, jadilah dia menceritakan penemuan dia sama pelayannya tadi.

awal mula ditemukan bh bra

Penemuan Mary ini mulai tersebar dari mulut ke mulut, dan dia mulai kebanjiran pesanan. Mary lalu mematenkan BH temuannya pada tahun 1914 di Amerika Serikat. Setelah itu BH diproduksi besar besaran dan dipasarkan keseluruh dunia.

Nah, itu dia sob asal usul ditemukannya BH, unik kan ?
Bagikan artikel ini sob !
Semoga yang membagikan masuk surga :)

Artikel Menarik Lainnya: